PT. KontakPerkasa Futures – Vietnam merebut pasar berbagi dari Asia rekan-rekan dalam perdagangan Eropa

Vietnam mengambil pangsa pasar Uni Eropa perdagangan dari negara-negara Asia Tenggara lain tahun lalu, sebuah tren yang dapat terus setelah itu menyimpulkan kesepakatan perdagangan bebas dengan blok.

Negara menyumbang 19.1 persen dari 201.4 miliar euro ($227 miliar) dalam total perdagangan antara Uni Eropa dan anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara, atau Asean, di tahun 2015. Angka itu naik dari 15,8 persen pada tahun 2014, menurut data dari delegasi EU di Singapura.

Vietnam adalah salah satu pasar yang berkembang dan kita telah melihat perkembangan yang sangat positif dengan kami hubungan perdagangan dengan negara itu, Michael Pulch, Duta besar EU untuk Singapura, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Rabu. Bahwa pertumbuhan ditambah dengan finalisasi pakta perdagangan bebas poin untuk hubungan dinamis di masa depan”, katanya.

Tanda-tanda Vietnam perdagangan menonjol tumbuh: pada tahun 2014, melampaui negara tetangganya Asean untuk menjadi eksportir terbesar ke AS, menyalakan depan tradisional manufaktur hubs seperti Thailand dan Malaysia. Vietnam memiliki kapital pada pergeseran pola produksi di Asia sebagai biaya tenaga kerja di Cina naik, menarik investasi dari perusahaan seperti Samsung Electronics Co, yang merakit dan ekspor smartphone dari negara.

Sementara perdagangan Uni Eropa dengan Singapura, yang masih blok mitra terbesar di Asia Tenggara, meningkat tahun lalu, pangsa pasar dari total perdagangan jatuh ke 24.1 persen dari 25,1 persen. Malaysia, Thailand dan Indonesia juga kehilangan pangsa pasar ke Vietnam.