Kontak Perkasa Futures | Tiga set kereta tanpa awak (skytrain) telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Tiga rangkaian kereta ini terdiri dari enam gerbong yang datang dalam dua tahap dari Korea Selatan.

“Enam gerbong Skytrain telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, empat gerbong tiba akhir Juli lalu,” ujar Juru bicara PT Angkasa Pura II Yado Yarismano kepada Tempo, Senin 7 Agustus 2017.

Yado menjelaskan pada tahap pertama dua gerbong skytrain tiba pada Juni lalu. Moda transportasi berbasis teknologi Automated People Mover System (APMS) ini langsung ditempatkan diatas rel di depan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Pada tahap dua, dua set kereta yang terdiri dari empat gerbong tiba pada akhir Juli lalu. Kereta ini juga ditempatkan di jalur Skytrain. “Semua unit Skytrain akan menjalani cek fisik sebelum dilakukan uji coba,” kata Yado

Secara teknis, kata Yado, saat ini sedang dilakukan pekerjaan tahap akhir untuk lintasan Skytrain dari Terminal 2 ke Terminal 3 dan sebaliknya. Pada tahap ini,  beberapa pekerjaan yang dilakukan yaitu mengecek bantaran lintasan, jalur, sistem kelistrikan dan guide rel di track A dan track B.

Menurut Yado, setelah pekerjaan lintasan selesai, barulah dilakukan uji coba lintasan. Selanjutnya dilakukan uji coba Skytrain.
Direktur Operasional dan Tehnik PT Angkasa Pura II Djoko Murdjatmojo memperkirakan uji coba Skytrain akan dilakukan pada pertengahan Agustus ini. “Ujicoba, Skytrain ditarik maju mundur ke Terminal 2 dan 3 dengan pengemudi tanpa penumpang,” kata Djoko.

Uji coba Skytrain kosong dengan  pengemudi akan terus menerus dilakukan sampai waktu yang dinilai cukup. “Sesuai ketentuan, kereta itu harus dengan pengemudi dalam waktu tertentu. Setelah semua save baru tanpa pengemudi,” kata Djoko.

Selanjutnya, kata Djoko, barulah Skytrain diujicoba dengan mengangkut penumpang dan tanpa pengemudi. Setelah lulus uji coba, Direktorat Jenderal Perkeretaapian akan memberikan ijin operasional dan Skytrain Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi. Hanya saja Djoko belum bisa memastikan kapan Skytrain beroperasi secara penuh.

Sebelumnya, Angkasa Pura II menjanjikan Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah rampung dan siap diuji coba akhir  Juli dan beroperasi bulan Agustus ini. Namun, karena kendala teknis jadwal uji coba Skytrain diundur.

Baca juga: Soekarno-Hatta Jadi Smart Airport, Seperti Apa?  
Skytrain, kereta ulang alik pertama di Indonesia yang akan mengangkut perpindahan penumpang antar Terminal di Bandara Soekarno-Hatta. Tahap pertama Skytrain yang akan beroperasi satu trainset yang terdiri dari dua gerbong dengan melayani rute Terminal 2 ke Terminal 3. Satu trainset yang terdiri dari 2 kereta dengan kapasitas total dapat menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 2 ke Terminal 3 maupun sebaliknya.

 

Kontak Perkasa Futures