PT KONTAK PERKASA FUTURES  – Minat masyarakat terhadap uang edisi khusus yang diterbitkan dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-75 ternyata sangat tinggi. Padahal, uang bernominal Rp 75.000 ini hanya dicetak 75 juta lembar saja.

Buktinya, saat Liputan6.com memantau situs PINTAR Bank Indonesia di https://pintar.go.id, Selasa (18/8/2020), hampir seluruh jadwal penukaran di kantor wilayah BI penuh hingga 3 September 2020.

Untuk kantor pusat BI di Jakarta, slot sudah penuh sampai 3 September 2020. Sementara untuk tanggal setelahnya, belum dapat diakses.

Begitu pula dengan kantor perwakilan BI di KPw BI Yogyakarta yang penuh per 3 September. Kemudian di Jawa Barat baik KPw BI Bandung, KPw BI Cirebon dan KPw BI Tasikmalaya.

KPw BI Semarang, KPw BI Solo, KPw BI Tegal dan KPw BI Purwokerto, slot penukaran dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB sudah penuh hingga tanggal 3 September.

Begitu pula di KPw Samarinda, KPw Bandar Lampung, KPw Makassar hingga KPw Papua, yang sebelumnya disebutkan masih kosong, ternyata sudah terisi penuh.

Meski peminatnya membludak, BI tidak memiliki rencana untuk mencetak kembali uang ini. Alasannya, uang khusus ini hanya dicetak terbatas karena bertepatan dan memperingati momen tertentu, dalam konteks ini, Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75.

“Tadi disampaikan seperti itu, 75 juta lembar yang kita cetak, dan dalam Keputusan Presiden juga sudah ditetapkan, bahwa uang ini akan dicetak 75 juta lembar,” jelas Deputi Gubernur BI Rosmaya dalam tayangan virtual.

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan resmi menerbitkan mata uang baru pecahan nominal Rp 75.000 sebanyak 75 juta lembar. Peluncuran mata uang ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan kali keempat.

Di mana penerbitan uang peringatan kemerdekaan pertama dilakukan di hari ulang tahun kemerdekan ke-25 pada 1970. Kemudian ke-45 tahun pada 1990, dan ke-50 tahun pada 1995.

“Ke depan Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali, sesuai usia 75 tahun kemerdekaan RI uang peringatan kemerdekaan kali ini dikeluarkan dalam bentuk uang kertas dengan nominal Rp 75.000,” kata Perry dalam acara peluncuran, di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Perry mengatakan, uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal tender, pada hari ini.

Uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan Ri ini juga merupakan uang peringatan sebagai persembahan kebahagian kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Inovasi uang rupiah terus dialkukan inovasi berkala terecana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI,” jelas dia.

Perry menambahkan, pengeluaran dan pengedaran uang kemerdekaan 75 tahun merupakan bagian dari rencana pencetakan uang tahun anggaran 2020. Adapun perencanaan sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

“Hal ini sesuai kebutuhan masyarakat dengan mendasarkan pada ketentuan dan tata kelolasesuai UU mata uang,” tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

PT KONTAK PERKASA FUTURES