Indeks Topix Jepang naik, memperpanjang kenaikan tertingginya hampir empat bulan terakhir, terkait bantuan investor atas meredanya ketegangan di Ukraina menyebar ke pasar ekuitas terbesar kedua di dunia.

Saham Kredit Saison Co naik sebesar 1,8 persen pasca perusahaan keuangan konsumen saham Daiwa Securities Inc, Mixi Inc., tidak ditransaksikan dan cenderung akan naik pasca harga saham perusahaan operator jaringan sosial tersebut ditutup pada batas tertinggi hariannya kemarin karena memperkirakan kenaikan hasil pendapatan semester pertamanya.. Saham Ebara Corp turun tajam di Nikkei 225 Stock Average (NKY) pasca pembuat pompa membukukan kerugian pada kuartal pertama.

Indeks Topix naik sebesar 0,5 persen ke level 1,258.42 pada sesi istirahat di Tokyo, semua kelompok industri kecuali dua kelompok yang tidak mendapatkan 33 gain. Saham acuan naik sebesar 2 persen kemarin, menjadi level terbesarnya sejak 16 April lalu. Nikkei 225 hari ini naik sebesar 0,3 persen ke level 15,178.77. Yen turun sebesar 0,1 persen ke level 102,31 per dolar pasca turun sebesar 0,2 persen kemarin.

Kontrak berjangka pada indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,1 persen. Acuan ekuitas yang mendasari naik sebesar 0,3 persen kemarin, mencatat kenaikan back-to-back pertamanya dalam dua minggu terakhir, pasca laporan menunjukkan Rusia untuk meningkatkan konflik di Ukraina dan di tengah optimisme serangan udara AS akan memukul mundur para militan di Irak. (vck)

Sumber: Bloomberg