Indeks Topix Jepang jatuh setelah gain empat harinya, memangkas kenaikan tertajam mingguan dalam hampir empat bulan terakhir, karena para investor mengkaji ketegangan geopolitik.

Produsen minyak turun karena harga minyak mentah menuju penurunan mingguan keempat.Saham Daikin Industries Ltd merosot 2,3%. Kawasaki Kisen Kaisha Ltd memimpin kenaikan di Nikkei 225 Stock Average setelah indeks harga komoditas transportasi naik tajam dalam delapan bulan dan UBS AG menaikkan rating. Saham Astellas Pharma Inc melonjak 1,6 % setelah setidaknya dua wakil pialangnya menaikkan target harga terhadap produsen obat tersebut.

Indeks Topix turun 0,1% ke level 1,268.83 pada sesi istirahat perdagangan di Tokyo, menuju kenaikan 3,3% minggu ini, yang akan menjadi kenaikan tertajam sejak periode yang berakhir 18 April.

Indeks Nikkei 225 Stock Average merosot 0,1% ke level 15,293.91. Mata uang yen tergelincir 0,1% ke level 102.50 per dolar. Indeks Standard & Poor 500 naik sebanyak 0,4% ke level tertinggi dua pekan kemarin.

Kontrak pada S&P 500 stagnan. kenaikan kemarin dikarenakan spekulasi bahwa krisis di Ukraina tidak akan meningkat dibayangi oleh data ketenagakerjaan ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan.(yds)

Sumber: Bloomberg