Saham Asia Turun Untuk Hari Keempat, Investor Tunggu Keputusan Bank of JapanIndeks Topix Jepang bergerak dua arah ke level kenaikan di menit terakhir perdagangan, memnbatasi kenaikan bulanan pertama tahun ini, seiring produsen ban dan produsen listrik catat penguatan

Saham Tokyo Electric Power Co melonjak sebanyak 14% terkait laporan pemerintah mengenai pengkajian mengenai revisis hukum untuk kompensasi setelah terjadi kecelakaan nuklir. Bridgestone Corp, produsen ban terbesar di Asia, naik 1,7%. Credit Saison Co memperpanjang kemerosotan kemarin setelah pihak Credit Suisse Group AG memangkas target harga untuk pemberi pinjaman konsumen.

Indeks Topix naik kurang dari 0,1% ke level 1,201.41 pada sesi penutupan di Tokyo setelah naik sebanyak 0,4% dan jatuh sebanyak 0,2%. Langkah ini mencatat kenaikan sebanyak 3,4% bulan ini, yang pertama sejak Desember lalu. Nikkei 225 Stock Average turun 0,3%  hari ini di level 14,632.38. Sebuah laporan hari ini menunjukkan inflasi dipercepat pada bulan April menyusul peningkatan konsumsi retribusi di Jepang.

Harga konsumen Jepang naik tajam sejak 1991 silam, membengkak karena peningkatan retribusi dan stimulus Bank of Japan (BOJ) yang belum pernah terjadi sebelumnya di Jepang. Inflasi tidak termasuk makanan segar dipercepat 3,2% dari tahun ke tahun pada bulan April, biro statistik melaporkan, dibandingkan dengan 3,1 persen perkiraan rata-rata dari 32 ekonom dalam survei Bloomberg News.

Produksi industri turun 2,5% pada April dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penurunan lebih dari 2% yang diperkirakan oleh para ekonom.(yds)

Sumber: Bloomberg