Indeks Topix Jepang berayun antara keuntungan dan kerugian setelah yen kemarin menguat terhadap dolar terbesar dalam enam bulan jelang keputusan kebijakan Bank of Japan hari ini.

Indeks Topix Nonferrous Metals turun tajam di antara 33 kelompok indeks industri yang lebih luas, sementara saham Asuransi memimpin kenaikan. Saham Mitsumi Electric Co., produsen suku cadang untuk komputer, turun 0,6% setelah kemarin naik 4,4%. Saham Fujifilm Holdings Corp. naik 4,7%, naik untuk hari kedua setelah pasien Ebola asal Perancis, yang diberi obat Avigan dengan pengobatan eksperimental lain, diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Indeks Topix naik 0,5% ke level 1,302.26 pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah turun sebanyak 0,2%. Volume pada indeks sekitar 7,7% lebih rendah dari 30-hari rata-rata intraday. Indeks Nikkei 225 Stock Average sedikit berubah di level 15,897.31. Yen menguat 0,9% kemarin. Indeks tersebut melemah 0,4% hari ini diperdagangkan di level 109,17 per dolar.

BOJ, yang membeli sekitar obligasi pemerintah per bulan sekitar 7 triliun yen (US $ 64 miliar), akan membuat peraturan kebijakan tidak berubah hari ini, menurut semua 33 ekonom yang disurvei Bloomberg News antara tanggal 26 September dan 2 Oktober. Sepertiga dari mereka yang disurvei mengharapkan bank sentral tidak akan menambah stimulus di masa yang akan datang, naik dari sekitar seperempat dalam survey bulan Agustus.(frk)

Sumber : Bloomberg