PT KONTA PERKASA – Ada beberapa alasan yang dapat mengganggu saat sedang bekerja. Mulai godaan menggunakan contohnya media sosial, berisik, partner kerja, dsb. Gangguan-gangguan itu membuat kita lari dari tugas.

Padahal, kerap kali kerjaan di kantor sedang menumpuk dan membutuhkan perhatian. Jika sedang begini maka membutuhkan fokus dalam bekerja.

Berikut cara untuk agar tetap produktif pada saat bekerja, seperti melansir entrepreneur.com :

1. Membersihkan tempat kerja

Tempat yang bersih membuat pikiran jadi bersih juga, keadaan berantakan bisa membatasi kemampuan untuk fokus dan membatasi otak untuk memproses informasi.

Selain itu, lingkungan yang bersih dapat membuat merasa nyaman dan mengurangi stres. Jadi singkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dan atur semua yang dibutuhkan dengan rapi, hias juga tempat kerja dengan hal-hal yang menginspirasi ,seperti  foto teman dan keluarga, buku yang menginspirasi, dan sebagainya.

2. Jauhkan Handphone

Handphoene adalah gangguan terbesar, karena kita bisa terganggu dengan pesan, media sosial, telepon,dan sebagainya. Atur handphone ke mode diam, dan taruh di laci atau di tas. Jika membutuhkan handphone, tetap letakan jauh dari tempat bekerja asal tetap terdengar jika berbunyi.

3. Buat Daftar

Dengan membuat list dapat membantu untuk memperbesar produktivitas dan membuat tugas teratta. List juga membantu mengelompokkan dan mengingat hal – hal yang biasanya dilupakan. Mempunyai daftar pekerjaan yang sudah atau belum dikerjakan membuat lebih fokus.

4. Istirahat Sebentar

Istirahat sangat penting untuk menjaga produktivitas di tempat kerja, untuk kesejahteraan mental dan emosional. Regangkan kaki, berjalan-jalan, bicara dengan rekan kerja, atau makan makanan ringan.

Dengan cara ini akan membantu untuk tetap fokus dan terlibat dalam pekerjaan yang memungkinkan untuk menyelesaikan tugas dengan lebih akurat dan lebih sedikit kesalahan.

5. Makan Makanan Ringan yang Sehat

Terkadang nutrisi diabaikan, padahal yang dibutuhkan otak adalah nutrisi dan makanan yang seimbang. Walaupun junk food lebih mudah didapatkan, tetapi membuat lebih sulit untuk efektif.

Maka dari itu pada saat berkerja, sebaiknya kmakan cemilan sehat seperti kacang, buah-buahan, dan cokelat karena bisa membantu meningkatkan daya otak.

6. Hadiahi diri sendiri

Siapkan hadiah untuk memotivasi diri sendiri, seperti membeli permen setiap satu tugas selesai atau makan siang di luar, hal- hal seperti ini bisa memberi semangat untuk menyelesaikan tugas.

Semoga beberapa tips ini dapat membantu untuk  mendapatkan hari yang lebih sukses dan produktif di tempat kerja. Ingat, perubahan tidak terjadi dalam semalam, konsisten dan mulai dari hal kecil.

Reporter : Tiara Sekarini

PT KONTA PERKASA