KONTAK PERKASA FUTURES – Satu lagi bisnis yang akhir-akhir ini sedang menjadi incaran para pebisnis adalah bisnis kerajinan tangan. Sebenarnya bisnis yang satu ini bukan merupakan bisnis yang asing bagi masyarakat Indonesia karena kerajinan tangan sudah menjadi salah satu hal yang banyak digemari orang, sehingga strategi marketing untuk bisnis ini mungkin tidak serumit pemasaran untuk produk kontemporer lainnya.

Dengan beberapa bahan sederhana dan sentuhan tangan kreatif dari si pembuat ini sudah dapat menghasilkan suatu kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi. Bisnis kerajinan tangan ini tidak hanya dilakukan pebisnis yang sudah berpengalaman, tetapi lebih banyak dilakukan para ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan waktu luang mereka untuk berbisnis. Meski demikian, para pelaku bisnis (jika ingin serius menekuni bisnis ini) tetap membutuhkan strategi pemasaran yang sesuai, dengan demikian, mereka dapat membidik konsumen yang pas. Berikut adalah beberapa strategi marketing untuk produk padat karya ini.

1. Kenali produk anda

Maksudnya di sini adalah anda harus mengenali produk kerajinan tangan yang anda buat dan apa yang sedang banyak dicari masyarakat. Misalnya anda tahu cara membuat gantungan kunci dan gantungan kunci ini sering dicari para wisatawan lokal atau domestik sebagai oleh-oleh, maka anda dapat membuat gantungan kunci dan menjualnya. Jika anda membuat kerajinan tangan yang memiliki sebuah nilai seni seperti lukisan atau patung, maka sebaiknya anda mengerti tentang nilai seninya. Misalnya saja anda membuat suatu bentuk kerajinan tangan berupa lukisan, maka anda harus dapat bercerita tentang isi dari lukisan tersebut.

2. Promosi

Untuk memperkenalkan produk-produk anda, tentunya anda harus mempromosikannya ke masyarakat luas. Strategi marketing yang satu ini dapat dengan mudah anda lakukan di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang. Anda dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi anda dengan membuat blog atau website mengenai bisnis anda. Media sosial seperti facebook atau instagram yang bisa memberikan tampilan visual juga bisa anda gunakan agar orang dapat melihat hasilnya secara langsung. Di samping itu anda juga dapat melakukan promosi melalui media lainnya seperti iklan di tv, radio, atau surat kabar.

3. Menjadi unik

Jika anda mempunyai kemampuan untuk mengolah bahan-bahan sederhana menjadi kerajinan tangan yang unik, anda dapat mempergunakan keahlian anda ini untuk berbisnis. Banyak bisnis kerajinan tangan yang mulai bermunculan dan menawarkan barang-barang yang sama. Membuat kerajinan tangan yang unik dan berbeda tidak ada salahnya. Masyarakat akan lebih tertarik dengan sesuatu yang berbeda dengan yang lain, unik, dan memiliki daya seni yang tinggi.

4. Fokus

Strategi marketingselanjutnya adalah selalu fokus. Fokuslah dalam mengembangkan dan memajukan bisnis anda. Jangan cepat terpengaruh dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Misalnya anda melihat bisnis kuliner yang maju dan berkembang pesat sehingga anda menjadi pesimis bahwa bisnis kerajinan tangan yang anda jalankan ini tidak berkembang secepat bisnis kuliner. Jangan terpengaruh akan hal-hal negatif seperti karena nantinya akan membawa dampak yang tidak baik bagi bisnis anda sendiri.

Strategi marketing untuk bisnis kerajinan tangan secara umum lebih menitikberatkan pada segi kreativitas dan ketelitian pembuatnya. Dengan produk yang unik dan berkualitas, harga dan lokasi bisnis bukanlah pertimbangan yang terlalu besar, sebab para pecinta karya seni akan rela berburu produk-produk kerajinan tangan yang unik untuk melengkapi koleksi mereka, sekalipun mereka harus merocok kocek cukup dalam untuk mendapatkannya.