Indeks Acuan Saham China menguat ke level 1 pekan tertingginya ditengah spekulasi bahwa pemerintah akan meningkatkan stimulus setelah sektor manufaktur Agustus lalu negara tersebut tumbuh pada laju terendahnya.

Beijing Aerospace Changfeng Co. dan China Avic Avionics Equipment Co. reli pada hari ke-2. Chongqing Changan Automobile Co., mitra dari Ford Motor Co. dan Mazda Motor Corp., catat gain sebesar 2.4%. PMI (Purchasing Manager Index) Agustus lalu berada pada angka 51.1, tidak sesuai dengan perkiraan rata-rata sebesar 51.2 pada survei Bloomberg News. Rilis laporan terpisah mengenai PMI dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economic juga mencatat penurunan.

Indeks Shanghai Composite menguat sebesar 0.3% ke level 2,224 pukul 9:59 pagi waktu China. Rilis laporan hari ini mengikuti menurunnya data kredit, produksi dan investasi Juli dari yang diperkirakan sebelumnya, mengisyaratkan bahwa ekonomi sedang kehilangan momentumnya dan menambah tekanan kepada pemerintah guna meningkatkan upayanya untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Sementara itu, Indeks CSI 300 menguat sebesar 0.2% ke level 2,343.09. Indeks Hang Seng China Enterprises stagnan. Indeks Ekuitas AS-China Bloomberg naik sebesar 0.4% pada 29 Agustus lalu.

Angka pembacaan akhir sektor manufaktur dari HSBC berada pada angka 50.2. Sementara angka pembacaan manufaktur Juli lalu turun 51.7 dan masih diatas 50, mengindikasikan adanya pertumbuhan. (bgs)

Sumber : Bloomberg