Indeks saham China menuju kerugian mingguan di tengah kecemasan data ekonomi beberapa hari ke depan yang mungkin akan menunjukkan tanda-tanda lebih dari perlambatan ekonomi.

Indeks Shanghai Composite turun sebesar 0,3 persen ke level 2.305,88 pukul 09:48 pagi waktu setempat. Indeks telah kehilangan sebesar 0,9 persen pekan ini pasca rilis laporan yang menunjukkan impor China menurun bulan lalu, pertumbuhan pasokan uang melambat dan harga produsen perpanjang penurunannya dalam 30 bulan terakhir.

Indeks CSI 300 tergelincir sebesar 0,4 persen menja ke level di 2,413.92. Indeks Hang Seng China Enterprises turun sebesar 0,2 persen. Indeks saham China-AS Bloomberg, indeks saham perusahaan China AS yang paling banyak diperdagangkan di AS, melemah sebesar 0,5 persen kemarin.

Badan Biro Statistik Nasional dijadwalkan akan merilis data output pabrik bulan Agustus, investasi dan penjualan ritel besok. Pinjaman yuan baru dan pembiayaan agregat mungkin akan dirilis hari hari ini.

Produksi industri diperkirakan meningkat sebesar 8,8 persen dari tahun sebelumnya, melambat dari ekspansi sebesar 9 persen pada Juli lalu, menurut perkiraan median dari survei Bloomberg. Penjualan ritel kemungkinan meningkat sebesar 12,1 persen sementarainvestasi aset tetap naik sebesar 16,9 persen pada periode Januari hingga Agustus, survei menunjukkan.(izr)

Sumber: Bloomberg