Saham China menguat, mengirim indeks acuan menuju gain mingguan keenam, setelah perusahaan-perusahaan sektor industri dan teknologi mengalami kenaikan.

 

Saham China Shipping Container Lines Co. memimpin reli untuk saham sektor industri, melonjak 10 persen setelah indeks biaya pengiriman melonjak 31 persen pada pekan lalu. Saham Goertek Inc. naik ke level tertinggi dalam enam minggu pasca indeks perusahaan teknologi naik tajam di antara kelompok industri. Data hari ini menunjukkan harga rumah turun di lebih banyak kota dan investasi asing merosot.

 

Indeks Shanghai Composite naik 0,5 persen menjadi 2,236.77 pada pukul 09:59 pagi, setelah membukukan gain mingguan kelima untuk kemenangan beruntun terpanjang sejak Mei 2013. Data terbaru termasuk perkiraan pertumbuhan kredit dan produksi industri yang lebih lemah telah mendorong spekulasi bahwa pemerintah akan melonggarkan kebijakan moneter. Data dari biro statistik menunjukkan harga rumah baru mengalami penurunan pada bulan Juli di 64 dari 70 kota, dibandingkan dengan 55 kota pada bulan Juni, sementara investasi asing langsung (FDI) anjlok 17 persen.

 

Indeks CSI 300 naik 0,5 persen menjadi 2,372.64. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,1 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity, indeks perusahaan AS yang terdaftar paling banyak diperdagangkan di China, sedikit berubah pada 15 Agustus lalu.(frk)

 

Sumber : Bloomberg