PT KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Senin (26/11/2018) setelah optimisme baru tentang anggaran Italia mengangkat saham di Milan sementara spekulasi tentang merger dan akuisisi emiten telekomunikasi mendorong saham di sektor ini.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1,23% atau 4,35 poin ke level 358,33 setelah bergerak pada kisaran 355,02-358,80. Adapun indeks FTSE MIB Italia melonjak 2,8%.

Awal yang kuat Wall Street di tengah ekspektasi penjualan pada hari belanjaonline terbesar tahun ini, dikombinasikan dengan rebound harga minyak juga membantu indeks menguat.

Dilansir Reuters, penurunan imbal hasil obligasi Italia ke posisi terendah dalam dua bulan, karena harapan bahwa pemerintah akan setuju untuk menekan pengeluaran untuk menghindari bentrokan dengan komisi eropa, mendorong reli saham perbankan yang memiliki portofolio obligasi pemerintah yang besar.

“Ada potensi pergerakan dari zona negatif ke yang lebih positif dan berakhir dengan berkurangnya tekanan pada bank. Dengan lebih banyak kemampuan untuk menyalurkan pinjaman akan mendukung pertumbuhan dengan cara yang lebih baik,” kata Pierre Bose, kepala analis Eropa di Credit Suisse Wealth Management, seperti dikutip Reuters.

Saham UBI Banca dan Unicredit menjadi pendorong utama di Italia dengan penguatan masing-masing 6,4% dan 5,5%.

Di sisi lain, para investor juga memperingatkan tanda-tanda bahwa kompromi dari pemerintah Italia bukanlah segalanya.

“Ada sedikit lebih banyak pembicaraan damai, namun detailnya tetap jadi kunci, dalam arti bahwa pemotongan (defisit anggaran) sebesar 0,3 atau 0,4 poin persentase akan membantu berpotensi mencegah defisit yang berlebihan tetapi kerentanan yang lebih luas terhadap pelemahan pertumbuhan di Italia tetap ada,” kata Bose.

Sementara itu, sektor telekomunikasi di Eropa menguat 3,3% setelah sebuah laporan mengatakan Komisi Eropa akan menyelesaikan merger di Belanda, yang memicu optimisme tentang pembuatan kesepakatan.

Menurut sumber yang diterima Reuters, Deutsche Telekom kemungkinan akan memenangkan persetujuan antitrust Uni Eropa tanpa syarat untuk tawarannya mengakuisisi unit usaha Tele2 di Belanda. Laporan tersebut mengirim saham di Tele2 naik 9%,

Sementara itu, rebound harga minyak setelah kerugian curam di sesi sebelumnya mendorong saham energi lebih tinggi dengan sektor keseluruhan membukukan kenaikan 2,2%.

PT KONTAK PERKASA FUTURES