Saham-saham Jepang naik pagi ini, dengan indeks Topix memperpanjang kenaikan mingguannya seiring dengan pelemahan yang terjadi pada mata uang yen pasca rilis data pertumbuhan upah di Amerika.

Honda Motor Co, yang mendapatkan 80 persen dari pendapatannya di luar negeri naik sebesar 1 persen. Seven & I Holdings Co, peritel terbesar di Jepang berdasarkan nilai pasarnya naik 2 persen karena perusahaan itu mempertahankan perkiraan setelah kenaikan keuntungan pada kuartalan pertama. Panasonic Corp naik 1,5 persen setelah bernegosiasi dengan Tesla Motors Inc terkait investasi di pabrik baterai mobil listrik. Izumi Co turun 2,8 persen setelah perusahaan penjual makanan tersebut mengatakan bahwa keuntungan kuartalannya telah menurun.

Indeks Topix naik 0,5 persen menjadi 1,285.07 pada sesi perdagangan pagi di Tokyo. Indeks itu telah meningkatkan 2,6 persen minggu ini. Index Nikkei 225 naik 0,6 persen hari ini pada posisi 15,440.60. Yen diperdagangkan pada posisi 102,13 per dolar setelah turun 0,4 persen kemarin.

Data upah sektor non pertanian AS naik 288 ribu pekerja setelah kenaikan 224 ribu bulan sebelumnya, lebih besar dari perkiraan sebelumnya berdasarkan data yang dirilis Departemen Tenaga Kerja AS di Washington kemarin. 1,39 juta peningkatan lapangan kerja selama enam bulan terakhir adalah yang terbesar sejak tahun 2006 lalu, sementara tingkat pengangguran turun menjadi 6,1 persen, tingkat terendah sejak September 2008.

Kepala Bank Sentral Eropa, Mario Draghi mengatakan bahwa biaya pinjaman akan tetap seperti pada level saat ini untuk jangka waktu yang diperpanjang setelah meluncurkan stimulus belum pernah terjadi sebelumnya pada bulan lalu. (knc)

Sumber: Bloomberg