Sebagian besar saham Hong Kong menguat, dengan indeks acuan kota itu menuju kenaikan mingguan pertamnya setelah saham kasino memimpin gain dan produsen emas meningkat.

Saham perusahaan game Macau, Sands China Ltd. dan Galaxy Entertainment Group Ltd. naik setidaknya 1,6 persen. Saham Zijin Mining Group Co, produsen emas terbesar China, naik 3,5 persen setelah bullion menuju kenaikan mingguan terpanjang sejak bulan Maret. Saham Air China Ltd., maskapai penerbangan nasional terbesar, tergelincir 1,8 persen setelah minyak mentah Brent menuju kenaikan mingguan kedua seiring meningkatnya kekerasan di Irak.

Hampir dua saham yang naik untuk satu saham yang turun pada Indeks Hang Seng, yang menambahkan 0,1 persen menjadi 23,200.42 pukul 9:57 pagi di Hong Kong. Indeks tersebut menuju penurunan 0,5 persen minggu ini. Indeks Hang Seng China Enterprises, yang juga dikenal sebagai indeks H-shares, sedikit berubah di level 10,356.67.

Index Hang Seng, Hong Kong rebound 9,4 persen hingga kemarin sejak turun ke level terendah delapan bulan pada Maret lalu setelah data manufaktur China menunjukkan tanda-tanda pemulihan dan China juga memperkenalkan langkah stimulus baru untuk melawan perlambatan ekonomi yang terjadi di negara tersebut.(frk)

Sumber : Bloomberg