Saham China naik jelang hari libur nasional, mengirim indeks acuan menuju gain kuartalan paling tajam sejak 2009, karena produsen batubara mencatat reli terkait prospek bahwa reformasi yang akan menunjang harga.

Datong Coal Industry Co dan Shaanxi Coal Industry Co melonjak setidaknya 3,6% di Shanghai setelah pihak pemerintah setempat mengatakan akan mengenakan pajak sumber daya berdasarkan harga pasar. New China Life Insurance Co dan Citic Securities Co turun lebih dari 2% di Hong Kong ditengah kerusuhan politik terbesar di kota tersebut sejak 1960-an. Indeks manufaktur dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics meleset dari perkiraan sebelumnya.

Indeks Shanghai Composite menguat untuk hari keenam, naik 0,2 persen ke level 2,363.38 pada 11:00 pagi. Indeks tersebut telah menguat 15% di kuartal ini, merupakan yang tertajam sejak kuartal terakhir tahun 2009, terkait spekulasi mengenai langkah-langkah reformasi pemerintah yang akan membendung perlambatan ekonomi dan pertukaran hubungan dengan Hong Kong akan memicu arus masuk dana.

Indeks Purchasing Managers ( PMI ) HSBC ‘berada di angka 50.2, lebih rendah dari angka awal 50,5 dan tidak berubah dari Agustus. Angka di atas 50 sinyaekspansi l. Sebuah indeks manufaktur terpisah dari Biro Statistik Nasional dan Federasi Cina Logistik dan Purchasing dijadwalkan akan diterbitkan besok hari.(yds)

Sumber: Bloomberg