Bursa Saham Eropa ditutup naik, mengakhiri penurunan dua harinya, dikarenakan Novartis AG dan UBS AG reli pasca membukukan update finansial serta Indeks kepercayaan konsumen AS melonjak ke level tertingginya dalam tujuh tahun terakhir.

Indeks acuan Stoxx Europe 600 naik 1% menjadi 328,25 pada sesi penutupan perdagangan karena 18 dari 19 kelompok sub naik. Indeks terseut memangkas gain sebentar pasca laporan sebelumnya menunjukkan pesanan barang tahan lama AS tiba-tiba mengalmi penurunan. Novartis menambahkan 1,8% setelah melaporkan laba kuartal ketiga yang mengalahkan perkiraan dan UBS naik 5,8% karena menyisihkan dana untuk litigasi.

Para otoritas Federal Reserve mengadakan pertemuan kebijakan dua hari dan diperkirakan akan diumumkan besok mengakhiri neraca pembelian obligasi bank sentral yang membengkak. Risalah dari pertemuan terakhir, ketika The Fed berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk waktu yang cukup, mengungkapkan kekhawatiran para pejabat ‘bahwa pertumbuhan ekonomi AS mungkin masih berada pada risiko dari perlambatan global.

Conference Board yang berbasis di New York mengatakan indeks kepercayaan konsumen AS naik menjadi 94,5 pada bulan Oktober, level tertinggi sejak bulan yang sama pada tahun 2007. Sebuah laporan terpisah menunjukkan pesanan barang tahan lama AS turun 1,3% pada September, tmeleset dari perkiraan rata-rata analis untuk kenaikan 0,5%.(yds)

Sumber: Bloomberg