Saham-saham Jepang melemah seiring penurunan yang terjadi pada indeks Topix pasca mencatat level tertinggi lima bulan, menjelang data upah resmi yang dirilis hari ini di Amerika.

Toyota Motor Corp, produsen mobil terbesar di dunia turun 0,7 persen bersama dengan kemunduran saham-saham eksportir. Dai-ichi Life Insurance Co, perusahaan asuransi terbesar di Jepang, turun 2,3 persen setelah sebuah laporan Nikkei mengatakan bahwa dewan eksekutif perusahaan itu akan menyetujui penjualan sahamnya pekan ini.

Mitsumi Electric Co melonjak 5,5 persen setelah Goldman Sachs Group Inc menaikkan peringkat investasi dari produsen electrical parts tersebut. Toshiba Corp naik 2,5 persen setelah sebuah laporan mengatakan bahwa unit bisnisnya di AS kemungkin akan memenangkan tender senilai 500 miliar yen ($ 4.9 miliar ) untuk membangun reaktor nuklir di Bulgaria.

Indeks Topix turun 0,2 persen ke posisi 1,278.59 pada penutupan perdagangan di Tokyo, menghapus gain sebelumnya sebesar 0,3 persen. Sekitar sembilan saham turun untuk setiap tujuh yang naik. Indeks itu kemarin ditutup pada level tertinggi sejak 23 Januari lalu. Indeks Nikkei 225 turun 0,1 persen hari ini ke posisi 15,348.29. Yen turun 0,1 persen ke posisi 101,89 per dolar setelah turun 0,2 persen kemarin.

Indeks Topix rebound turun 11 persen dari tanggal 21 Mei, sehingga penurunan untuk tahun ini menjadi 1,8 persen. (knc)

Sumber: Bloomberg