Saham Jepang mengikuti penurunan ekuitas AS setelah yen naik terhadap dolar, meredupkan prospek pendapatan sektor eksportir, dan minyak mentah melanjutkan kemerosotannya.

Indeks Topix turun dengan 0,5% menjadi 1,529.02 pada 09:01 pagi di Tokyo, setelah mencatat penurunan mingguan keempat beruntun pada hari Jumat. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,6% menjadi 18,873.93. Yen diperdagangkan pada 121,30 per dolar setelah penguatan 1,1% pada hari Jumat karena Bank tweak Jepang untuk program stimulus yang mengecewakan investor. Saham AS jatuh ke level terendah dalam dua bulan karena pasar menyesuaikan dengan suku bunga AS mendekati nol, sementara saham energi memimpin kerugian karena minyak terus diperdagangkan mendekati level terendah enam tahun.

Indeks berjangka Standard & Poor 500 naik 0,3% setelah Indeks utama anjlok 1,8% pada hari Jumat. Walt Disney Co turun 3,8%, sementara Apple Inc kehilangan 2,7%. Volume melonjak karena acara kuartalan yang dikenal sebagai quadruple witching, ketika kontrak berjangka dan opsi pada indeks dan saham individu berakhir.

BOJ meluncurkan perubahan stimulusnya pada Jumat, termasuk memperluas jatuh tempo pembelian obligasi pemerintah dan meluncurkan sebuah program baru untuk membeli exchange-traded funds perusahaan membuat investasi modal. Topix ditutup 1,8% lebih rendah setelah melonjak sebanyak 2%.(yds)

Sumber: Bloomberg