Saham-saham Jepang naik dengan Indeks Topix rebound dari kerugian dua hari terakhir, seiring penurunan yen diperpanjang dan para investor menimbang data belanja modal.

Indeks Topix naik sebesar 0,2 persen ke level 1,279.98 pukul 09:03 pagi waktu Tokyo, dengan sekitar tiga saham yang naik untuk setiap dua yang turun. Indeks Topix melemah sebesar 0,9 persen bulan lalu, penurunan bulanan pertama sejak April lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat sebesar 0,3 persen ke level 15,466.58 hari ini. Yen tergelincir sebesar 0,1 persen ke level 104,17 per dolar hari ini setelah jatuh sebesar 0,4 persen pada 29 Agustus kemarin. Belanja modal Jepang naik meleset dari perkiraan pada kuartal kedua, rilis data menunjukkan hari ini.

Dana pensiun terbesar di dunia diadakan kembali dari ambil alih pemerintah ke ekuitas Jepang pada kuartal terakhir, hasil investasi mengisyaratkan, bahkan saat pasar pulih dalam mengantisipasi pembelian. Nilai saham lokal Pensiun Reksa Dana Pemerintah melonjak sebesar 5,4 persen pada periode April sampai Juni lalu terkait aset manajer pensiun-tabungan memperoleh pengembalian sebesar 5,1 persen, menurut sebuah pernyataan pada 29 Agustus kemarin.

Pasar AS ditutup hari ini karena liburan hari buruh. Indeks Standard & Poor 500 menguat sebesar 0,3 persen pada 29 Agustus kemarin, seiring para investor menimbang data ekonomi dan di tengah spekulasi bank sentral akan terus memacu pertumbuhan ekonomi.

Indeks Topix diperdagangkan sebesar 1,2 kali tercatat pada 29 Agustus kemarin, dibandingkan dengan 2,7 kali Indeks S & P 500 dan 1,9 kali Indeks Stoxx Europe 600. (knc)

Sumber : Bloomberg