Indeks Topix Jepang naik untuk hari kedua setelah yen menghentikan penurunan dan investor menunggu keputusan kebijakan moneter Federal Reserve. Pialang memimpin kenaikan.

Saham Nintendo Co. naik 1,1 persen. Saham Nomura Holdings Inc, perusahaan sekuritas terbesar di Jepang, naik 1,8 persen. Saham Nikon Corp. mengalami penurunan terbesar di Nikkei 225 Stock Average setelah rating produsen kamera tersebut dipotong oleh JPMorgan Chase & Co.

Indeks Topix naik 0,4 persen menjadi 1,243.44 pada istirahat perdagangan pagi di Tokyo, dengan sekitar tiga saham naik untuk setiap dua yang turun. Volume perdagangan sekitar 15 persen lebih rendah dari 30-hari rata-rata intraday. Indeks Nikkei 225 naik 0,4 persen menjadi 15,039.05. Mata uang Jepang bertahan di 102,15 per dolar setelah kemarin turun 0,3 persen.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini. Indeks tersebut naik 0,2 persen kemarin setelah perusahaan-oerusahaan kecil mengalami reli.

The Fed akan menyimpulkan pertemuan kebijakan dua hari di Washington pada hari ini. The Federal Open Market Committee (FOMC) akan mengurangi laju pembelian aset bulanannya sebesar $ 10 miliar menjadi $ 35 miliar menurut perkiraan analis. Sekitar 62 persen dari 58 ekonom dalam survei Bloomberg memprediksi The Fed akan menghentikan pembelian obligasi pada pertemuan bulan Oktober mendatang.(frk)

 

Sumber: Bloomberg