Saham di Tokyo menghijau, dengan indeks Topix menuju gain untuk hari keempat, setelah para pembuat kebijakan Federal Reserve mengisyaratkan kesediaan mereka untuk menaikkan suku bunga AS pada bulan Juni. Dolar melonjak ke level tertinggi dalam tiga minggu terhadap yen, meningkatkan prospek keuntungan bagi eksportir Jepang.

Topix menguat 0,9 persen ke level 1,350.23 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, dipimpin oleh perusahaan asuransi dan bank. Nikkei 225 Stock Average naik 1,1 persen ke level 16,824.11. Yen diperdagangkan pada level 110,21 per dolar setelah jatuh 1 persen pada hari Rabu. Pembacaan dari pertemuan April Fed menunjukkan sebagian pejabat mengatakan kenaikan suku bunga akan sesuai pada bulan Juni jika perekonomian terus membaik.

Pasar futures menunjukkan pedagang sekarang mengkalkulasi di kesempatan 32 persen dari kenaikan bulan depan, naik dari 12 persen saat sebelum rilis. Penguatan yang melebihi perkiraan data ekonomi, termasuk inflasi dan penjualan ritel, sejak pertemuan terakhir The Fed mendukung prospek bahwa para pejabat dapat menaikkan suku bunga acuan.

Kontrak pada Indeks S & P 500 naik 0,1 persen setelah indeks dasar AS ini ditutup sedikit berubah. Saham perbankan reli terkait prospek untuk meningkatkan pendapatan dari suku bunga yang lebih tinggi, sementara laporan penghasilan yang tidak bagus di saham pengecer menyeret saham konsumen untuk berada di level yang lebih rendah.

Sumber: Bloomberg