Saham Jepang bergerak dua arah karena yen melemah dari level tertinggi dua pekan. Perusahaan otomotif jatuh sementara saham perbankan naik dikarenakan indeks Topix menuju penurunan mingguan terburuk dalam dua bulan terakhir.

Saham Honda Motor Co merosot 2,7% setelah memangkas peringkat investasinya di UBS AG. Eisai Co turun 1,2% karena Nomura Holdings Inc menurunkan saham produsen obat. Fast Retailing Co naik 2,2% setelah pihaknya mengatakan penjualan dalam negri naik 20% bulan lalu di toko Uniqlo. Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, perusahaan pemberi pinjaman terbesar di Jepang, naik sebanyak 0,5%.

Indeks Topix tergelincir 0,1% ke level 1,278.61 pada sesi istirahat perdagangan di Tokyo, membalikkan gain sebanyak 0,3%. Berada di jalur penurunan sebesar 4% di pekan ini, merupakan penurunan yang tertajam sejak periode yang berakhir 8 Agustus lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,2% menjadi 15,632.29. Yen, yang naik 1,1% selama dua hari terakhir, sebelum akhirnya melemah 0,4% hari ini berada di level 108.86 per dollar.

Kontrak berjangka pada indeks Standard & Poor 500 naik 0,2%. Indeks saham ditutup stagnan kemarin, sedangkan Indeks Russell 2000 dari perusahaan-perusahaan lapis dua di Amerika rebound, mengakhiri penurunan tiga harinya, terkait spekulasi aksi jual baru-baru ini yang terlalu berlebih dan meredamnya kekhawatiran atas rencana stimulus Eropa.(yds)

Sumber: Bloomberg