Saham-saham Hong Kong jatuh, dengan indeks acuan turun dari level enam tahun tertinggi, setelah data manufaktur yang lebih lemah dari perkiraan menambah kekhawatiran China akan kehilangan target pertumbuhan ekonominya.

Saham China Shenhua Energy Co turun 1,9%, dengan menghapus kenaikan pada sektor tambang batubara setelah melaporkan data aktivitas pabrik. Techtronic Industries Co anjlok 7,6% setelah Bank of America Merrill Lynch memangkas rating sahamnya pada produsen power-tool. Biostime International Holdings Ltd, yang memproduksi produk perawatan bayi, merosot 7%. ZTE Corp, produsen perlatan jaringan telepon terbesar kedua China sebanyak naik 2,5% setelah membukukan laba semester pertama yang lebih tinggi.

Indeks Hang Seng merosot 0,9% ke level 24,927.05 pada sesi istirahat perdagangan di Hong Kong setelah kemarin ditutup pada level tertinggi sejak Mei 2008 silam. Indeks MSCI Hong Kong turun 1% setelah mengakhiri level tertinggi sepanjang masanya. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, turun sebanyak 1,4% ke level 10,902.55. (yds)

Sumber: Bloomberg