Saham-saham Hong Kong menguat, mengirim indeks acuan naik dari kerugian terbesar dalam dua pekan terakhir, seiring kenaikan pada perusahaan energi.

Saham Sino Land Co naik sebesar 1,1 persen pasca saham perusahaan properti rebound dari penurunan kemarin. Saham PetroChina Co melonjak sebesar 2 persen untuk memimpin penguatan pada Indeks Hang Seng. Saham China Resources Power Holdings Co menguat sebesar 1,6 persen terkait laporan pemerintah yang berencana untuk mendorong investasi swasta di sektor distribusi listrik. Saham BYD Co, pembuat mobil listrik, naik sebesar 3,9 persen setelah China kemarin menyatakan akan membebaskan kendaraan baru-energi dari pajak pembelian untuk mengurangi polusi.

Indeks Hang Seng naik sebesar 0,3 persen ke level 23,239.86 pada istirahat di Hong Kong pasca turun sebesar 1,6 persen kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises, atau indeks H-share, hari ini menguat sebesar 0,3 persen ke level 10,367.61. Saham tersebut mengurangi kenaikan pasca rilis data perdagangan China meleset dari ekspektasi analis.

Ekspor China naik sebesar 7,2 persen dari Juni tahun lalu, turun sebesar 10,4 persen dari yang diperkirakan oleh para analis. Impor naik sebesar 5,5 persen, dibandingkan dengan ekspektasi sebesar 6 persen. (knc)

Sumber: Bloomberg