Saham-saham Hong Kong menguat, mengirim indeks acuan rebound dari penurunan terbesar dalam dua minggu terakhir seiring kenaikan pada sektor property menjelang rilis data hari ini yang diperkirakan akan menunjukkan adanya ekspansi pada perdagangan China.

Indeks Hang Seng naik sebesar 0,4 persen ke level 23,268.04 pukul 9:30 pagi di Hong Kong pasca turun sebesar 1,6 persen kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises atau indeks H-share, naik sebesar 0,4 persen ke level 10,379.29.

Indeks Hang Seng turun sebesar 0,6 persen pada tahun ini, kerugian mulai menurun di tengah tanda-tanda tingkat ekonomi mulai stabil setelah China meluncurkan langkah-langkah termasuk pemotongan rasio cadangan bank-ratio.

Menurut perkiraan analis dalam survei Bloomberg, ekspor di China naik sebesar 10,4 persen pada Juni lalu dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan kenaikan sebesar 7 persen pada bulan sebelumnya. Impor diperkirakan naik sebesar 6 persen pasca terkontraksi sebesar 1,6 persen pada bulan Mei lalu.

Saham Bank of China Ltd diperdagangkan sedikit berubah pada hari ini pasca menolak laporan dari China Central Television yang menuduh kreditur tersebut telah melanggar peraturan valuta asing dengan membantu klien untuk memindahkan hasil korupsi ke luar negeri. (knc)

Sumber: Bloomberg