Bursa  saham Hong Kong naik, rebound dari penurunan tertajamnya dalam tiga pekan terakhir pada jumat kemarin, terkait produsen energi memimpin gain.

Indeks Hang Seng naik sebesar 0,4 persen ke level 24,623.02 pukul 9:31 di Hong Kong. Indeks tersebut turun sebesar 0,9 persen pada 1 Agustus pada kerugian pertama dalam sembilan hari. Indeks Hang Seng China Enterprises saham China daratan, yang dikenal sebagai indeks H-share, naik sebesar 0,6 persen ke level 11,052.29.

Indeks H-share memasuki fase bullish pekan lalu pasca naik lebih dari 20 persen dari level terendahnya pada Maret kemarin terkait pihak otoritas bank sentral mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian di China dengan memotong persyaratan cadangan keuangan untuk beberapa bank kreditur dan melonggarkan pembatasan properti. Indeks diperdagangkan sebanyak 7,6 kali estimasi laba pada penutupan terakhir dibandingkan dengan kelipatan sebesar 11,4 untuk Indeks Hang Seng dan 16,1 untuk Indeks Standard & Poor 500.

Indeks China Purchasing Manager non-manufaktur turun ke level 54,2 di bulan Juli ini dari level 55 di bulan Juni lalu, rilis laporan kemarin menunjukkan. Data ini menyoroti bahaya koreksi di posisi pasar properti untuk pertumbuhan ekonomi di China dan kontras dengan laporan pemerintah pekan lalu yang menunjukkan manufaktur diperluas di laju tercepat lebih dari dua tahun. Angka di atas menunjukkan 50 ekspansi.

Bank Rakyat China (PBOC) memperingatkan dalam laporan kebijakan moneter di kuartal kedua pada jumat kemarin  bahwa kredit dan uang yang beredar di China telah meningkat pesat dan mengindikasikan PBOC akan menahan diri dari pelonggaran moneter yang lebih tinggi untuk mendukung pertumbuhan di negara tersebut. (vck)

Sumber: Bloomberg