Saham-saham Hong Kong memperpanjang penurunannya, dengan indeks acuan kota terkoreksi dari level tertinggi enam tahun, pasca data manufaktur yang lebih lemah dari perkiraan menambah kekhawatiran bahwa target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan oleh pemerintah China akan meleset.

Saham Techtronic Industries Co. turun 7,4 persen setelah Bank of America Merrill Lynch memangkas rating saham pembuat peralatan listrik tersebut. Saham HKT Trust & HKT Ltd. turun 3,6 persen setelah para pemegang saham menjual saham di perusahaan telekomunikasi tersebut dengan di diskon. Saham ZTE Corp. naik 2,9 persen setelah produsen peralatan jaringan telekomunikasi terbesar kedua di China melaporkan kenaikan laba pada semester pertama.

Indeks Hang Seng merosot 0,6 persen menjadi 25,021.19 pada pukul 10:27 pagi di Hong Kong setelah penutupan perdagangan kemarin berada di level tertinggi sejak Mei 2008. Indeks MSCI Hong Kong turun 0,9 persen setelah kemarin berakhir di semua waktu tertinggi. Indeks Hang Seng China Enterprises, yang juga dikenal sebagai indeks H-share, hari ini kehilangan 0,7 persen menjadi 10,976.52.

Laporan awal dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics hari ini menunjukkan indeks aktivitas pabrikan di China merosot ke level terendah tiga bulan di 50,3 pada bulan Agustus dari 51,7 pada bulan Juli, meleset dari perkiraan pembacaan 51,5 dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom. Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi.(frk)

Sumber : Bloomberg