Saham Eropa

Saham Eropa Tertekan Penurunan Laba Barclays

Saham Eropa turun untuk hari ketiga, yang merupakan penurunan beruntun terpanjang sejak bulan Maret, dengan Barclays Plc membantu mendorong saham lebih rendah, sementara ketegangan di Ukraina meningkat.

Saham Barclays mengalami penurunan terbesar sejak Juli setelah melaporkan bahwa laba sebelum pajak anjlok. Saham Balfour Beatty Plc turun 20 persen setelah CEO-nya berhenti dan perusahaan memangkas proyeksi pendapatannya. Saham Deutsche Lufthansa AG naik 3 persen setelah mengatakan kerugian kuartal pertama menyempit. Saham PostNL NV mengalami reli terbesar sejak Oktober.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,3 persen ke level 336,04 pada penutupan perdagangan, setelah sebelumnya gain sebanyak 0,3 persen. Indeks tersebut turun 0,7 persen dalam tiga hari terakhir di tengah meningkatnya kekerasan di Ukraina. Pasar Inggris dibuka kembali setelah ditutup selama liburan kemarin .

Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, volume saham perusahaan berpindah tangan di Stoxx 600 adalah 18 persen lebih rendah dari rata-rata 30 hari terakhir.

Sebuah laporan menunjukkan penjualan ritel di zona euro naik 0,3 persen pada bulan Maret dari bulan sebelumnya, dibandingkan dengan revisi kenaikan 0,1 persen pada bulan Februari. Perkiraan rata-rata ekonom menyerukan penurunan sebesar 0,2 persen.(frk)

Sumber : Bloomberg