Saham Eropa stagnan, memangkas penurunan di akhir perdagangan hari ini, karena saham pembuat mobil dan produsen komoditas menguat, sementara investor mengkaji bukti bahwa pelemahan perekonomian Eropa yang berpotensi merugikan pendapatan perusahaan dan melemahnya kepercayaan dari para investor.

Daimler AG memimpin acuan saham otomotif yang lebih tinggi. Rio Tinto Group dan Anglo American Plc memimpin kenaikan pada saham perusahaan sumber daya. Burberry Group Plc turun tajam dalam setahun terakhir. Konsultasi perekrutan Michael Page International Plc anjlok ke level terendah dalam 15-bulan terakhir pasca pihaknya mengatakan laba setahun penuh akan turun menurut perkiraan analis.

Indeks Stoxx Europe 600 turun kurang dari 0,1 persen ke level 321,53 pada penutupan perdagangan hari ini, pasca sebelumnya turun sebesar 1,4 persen. Indeks tersebut telah turun sebesar 4,3 persen sejak 6 Oktober kemarin terkait Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan perekonomian global, sementara industri output Jerman turun tajam sejak 2009, dan investor mengkaji dampak dari epidemi Ebola.

Kepercayaan investor Jerman turun untuk bulan ke-10 pada bulan Oktober ini, menurut laporan hari ini. ZEW Pusat Riset Ekonomi Eropa di Mannheim mengatakan indeks investor dan ekspektasi analis turun menjadi minus sebesar 3,6 bulan ini dari 6,9 pada bulan September kemarin. Itu merupakan level terendah sejak November 2012 lalu. (vck)

Sumber: Bloomberg