Saham Eropa menguat pasca perusahaan termasuk Actelion Ltd dan Swedbank AB membukukan laba lebih baik dari perkiraan, sementara Bank Sentral Eropa menyatakkan pihaknya telah membeli obligasi untuk menutupi suku bunga Italia.

Saham Actelion naik sebesar 3 persen pasca meningkatkan prediksi setahun penuh untuk kedua kalinya. Swedbank naik sebesar 4,7 persen pasca mengumumkan PHK dan memposting laba bersih yang mengalahkan perkiraan. Reckitt Benckiser Group Plc turun sebesar 2,1 persen pasca pihaknya mengatakan pertumbuhan penjualan dalam setahun penuh akan berada di bawah perkiraan sebelumnya.

Indeks Stoxx Europe 600 naik sebesar 2,1 persen ke level 323,74 pada penutupan perdagangan hari ini. Indeks ekuitas turun ke level terendah tahun ini pada 16 Oktober lalu, pasca melakukan penurunan tajam dalam 11 tahun terakhir, akibat kekhawatiran krisis keuangan kembali di sekitar negara-negara di kawasan itu. Sejak itu, indeks telah rebound sebesar 4,4 persen di tengah optimisme ECB akan memberlakukan langkah-langkah stimulus yang cukup untuk menghidupkan kembali pertumbuhan perekonomian di zona euro.

Mata uang Euro telah melemah terhadap 14 dari 16 mata uang utama lainnya tahun ini, di tengah tanda-tanda melemahnya perekonomian Eropa. Minyak mentah turun ke pasar bearish bulan ini akibat kekhawatiran atas lebihnya pasokan minyak global.

Sekitar 10 perusahaan di Stoxx 600 dijadwalkan untuk memposting hasil laporan hari ini. Sementara perusahaan yang akan melaporkan pada akhir pekan ini GlaxoSmithKline Plc, Credit Suisse Group AG, Daimler AG dan Tesco Plc. (vck)

Sumber: Bloomberg