Saham Eropa menguat untuk hari ketiga terkait manufaktur zona euro dan data kepercayaan konsumen lebih baik dari perkiraan melebihi pendapatan yang mengecewakan dari saham perusahaan termasuk Michelin & Cie.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,7 persen ke level 328,26 pada penutupan perdagangan hari ini. Indeks tersebut sebelumnya turun sebesar 1,1 persen terkait hasil perusahaan yang lebih buruk dari perkiraan, sehingga mendorong laporan yang menunjukkan perekonomian Jerman memimpin di zona euro sehingga manufaktur tumbuh kembali pada bulan ini. Ini memperpanjang kenaikan pasca spekulasi data sentimen zona euro.

Indeks pembelian manajer untuk manufaktur zona euro naik 50,7 dari 50,3pada Oktober ini, menurut Markit Economics. Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News memperkirakan penurunan ke level 49,9. Sementara angka di bawah 50 menunjukkan adanya kontraksi. Indeks acuan Jerman menunjukkan manufaktur pada perekonomian terbesar di kawasan ini rebound dari kontraksi bulan lalu.

Ekuitas Eropa memimpin kenaikan sebesar $ 5,5 triliun nilai saham di seluruh dunia di tengah spekulasi bahwa langkah-langkah stimulus Bank Sentral Eropa (ECB) tidak akan cukup untuk memacu pertumbuhan perekonomian zona euro. Sementara investor menganalisis data ekonomi terhadap kesehatan perekonomian zona euro pasca Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bulan ini risiko perekonomian zona euro turun kembali ke dalam resesi. (vck)

Sumber: Bloomberg