PT KONTAK PERKASA FUTURES – Penguatan saham Apple, Alphabet, dan Facebook, serta optimisme The Fed terhadap kekuatan ekonomi Amerika Serikat (AS) setelah menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini mendongkrak bursa Wall Street pada perdagangan Kamis (27/9/2018).

Indeks S&P 500 ditutup menguat 0,28% di 2.914, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,21% di level 26.439,93, dan indeks Nasdaq Composite berakhir menguat 0,65% di level 8.041,97.

Melansir Reuters, delapan dari 11 sektor naik, dengan indeks layanan komunikasi S&P 500, yang baru-baru ini berganti nama dan disusun kembali dengan saham Facebook, Alphabet serta perusahaan internet dan media lainnya, melompat 0,80%.

Saham induk Google, Alphabet, dan Facebook yang masing-masing naik 1,2% dan 1,13% membantu mengangkat S&P 500.

Adapun sahan Apple naik 2,05% setelah JPMorgan memulai ulasan saham tersebut dengan rating “overweight”, merujuk pada langkah cepat produsen iPhone ini untuk bisnis layanan.

Sementara itu, selain menaikkan suku bunga acuannya pada Rabu (26/9), The Fed mempertahankan sebagian besar prospek kebijakan moneter untuk tahun-tahun mendatang.

Pergerakan bursa saham memang berakhir lebih rendah pascapenaikan tersebut, tetapi pada Kamis sejumlah investor kembali fokus pada optimisme bank sentral AS tersebut dalam hal pertumbuhan ekonomi.

“Pernyataan The Fed pada dasarnya adalah lampu hijau bagi perekonomian. Ini adalah konfirmasi bahwa ekonomi AS memberi sesuatu yang terbaik bagi investor global,” kata Jeffrey Kravetz, direktur investasi regional di Private Client Reserve of U.S. Bank.

Menambah sentimen positif adalah data yang menunjukkan akselerasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua dengan laju tercepatnya dalam hampir empat tahun seperti yang telah diperkirakan.

Sementara itu, saham Amazon.com naik 1,93% menyusul komentar optimistis dari broker Stifel tentang bisnis ritel, berbasis cloud, dan periklanan perusahaan. Peritel online ini membuka tokonya di New York City pada hari Kamis.

Mulai hari Senin, sektor telekomunikasi berganti nama menjadi “layanan komunikasi” dan disusun kembali dengan perusahaan internet dan media besar bersama AT&T dan telekomunikasi lainnya. Sepanjang pekan ini, indeks layanan komunikasi S&P 500 telah naik 1,5%, lebih besar daripada indeks sektor lainnya.

PT KONTAK PERKASA FUTURES