PT Kontak Perkasa | PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mendapat tambahan emiten baru. Pasalnya, saham PT Emdeki Utama Tbk akan tercatat di BEI pada hari ini, Senin (25/9/2017).

Berdasarkan keterangan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan menawarkan harga saham ke publik sebesar Rp 600 per lembar saham. Nilai nominal saham Rp 100. Lalu, jumlah saham yang ditawarkan perseroan sebanyak 307,2 juta saham.

Perseroan telah melaksanakan penawaran umum pada 14 September hingga 18 September 2017. Tanggal penjatahan ditetapkan pada 20 September 2017.

Kemudian, tanggal pengembalian yang pemesanan dan distribusi saham secara elektronik pada 22 September 2017. Lalu, tanggal pencatatan di BEI 25 September 2017.

Perseroan menunjuk PT Yuanta Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Lalu, penjamin emisi efek yakni PT Artha Sekuritas Indonesia, PT Bosowa Sekuritas, PT Erdhika Elit Sekuritas, PT KGI Sekuritas Indonesia, PT Kresna Sekuritas, PT Magenta Kapital Sekuritas.

Adapula PT MNC Sekuritas, PT NH Korindo Sekuritas Indonesia, PT OSO Sekuritas Indonesia, PT Panin Sekuritas, PT Philip Sekuritas Indonesia, PT Profindo Sekuritas Indonesia, PT Semesta Indovest Sekuritas, PT Yulie Sekuritas Indonesia.

Sejarah perusahaan

PT Emdeki Utama adalah perusahaan yang dibentuk untuk memproduksi Kalsium Karbit (Calcium Carbide) dengan tujuan substitusi impor yang pada waktu itu berasal dari negara-negara Afrika Selatan, Cina, Polandia dan Taiwan. Rata-rata produksi dan ekspor mencapai 25 ribu ton dengan nilai US$ $ 8,75 juta per tahun dari tahun 1984 sampai dengan 1986.

PT Emdeki Utama memulai produksi percobaannya pada tanggal 10 Nopember 1987, disusul dengan produksi komersialnya dimulai pada tanggal 1 Pebruari 1988.

Dalam kurun waktu dua tahun berikutnya telah memperoleh kepercayaan masyarakat secara penuh sehingga sebagian besar kebutuhan karbit di Indonesia telah dipenuhi oleh produksi dari PT Emdeki Utama.

Dari survei yang dilakukan pada April 1990 diperoleh gambaran bahwa keberhasilan mendapatkan kepercayaan masyarakat itu disebabkan oleh mutu yang tinggi dan lebih unggul dari karbit impor mana saja, sesuai dengan bukti-bukti hasil tes laboratorium konsultan independen Sucofindo yang dilakukan beberapa kali sejak Maret 1988.

Pelayanan dan dukungan pabrik kepada pemakai Karbit MDQ juga menjadi faktor pendukung utama kepercayaan masyarakat itu. Penyerahan yang cepat dan ketersediaan dimana-mana menjadikan pelanggan mudah membeli dan tidak perlu menumpuk stok, alhasil beban biaya jadi lebih ringan.

Waktu pengangkutan dan penyimpanan yang pendek dari pabrik ke konsumen menjamin mutu yang benar-benar tinggi, karena karbit yang disimpan lama menjadi berkurang timbangannya dan mutunya juga turun karena menjadi debu.

Karbit MDQ tidak berdebu seperti karbit impor, karena karbit impor lama dalam perjalanan , bahkan sering ditimbun di Hongkong atau pelabuhan perantara lainnya sehingga timbul debu yang banyak dan sering lebih dari 5%. Dengan menggunakan Karbit MDQ semua resiko itu tidak ada lagi.

PT Kontak Perkasa