Saham China fluktuatif diantara keuntungan dan kerugian sebelum rilis data manufaktur pada hari Rabu.

Shanghai Composite Index tergelincir 0,1 persen ke level 3,154.64 pada pukul 09:34 pagi waktu setempat. Indeks acuan itu menguat 1,9 persen pada hari Senin di tengah spekulasi kunjungan kenegaraan Presiden Xi Jinping ke AS akan meningkatkan permintaan untuk permintaan teknologi dan industri nasional.

‘Manufaktur Purchasing Managers’ Index Caixin Media dan Markit Economics, yang dikenal sebagai flash PMI, mungkin akan menunjukkan pembacaan di level 47,5 untuk September, dibandingkan dengan 47,3 pada bulan Agustus, berdasarkan estimasi median dari 22 ekonom yang disurvei Bloomberg. Angka di bawah 50 merupakan sinyal dari ¬†kontraksi.

Para pejabat Inggris mengatakan mereka akan mempelajari kelayakan menyiapkan link perdagangan saham London-Shanghai. Studi ini akan dibahas saat pembicaraan tahunan berikutnya, Menteri Keuangan Britania Raya Inggris George Osborne mengatakan pada briefing di Beijing, kemarin. Link exchange Hong Kong-Shanghai, yang dimulai tahun lalu, dianggap sebagai langkah besar di Cina memungkinkan akses asing untuk masuk ke pasar ekuitas terbesar kedua di dunia ini dan katalis untuk Composite Index Shanghai menggandakan program pada awal 17 November ke puncak indeks ekuitas Juni.

Link perdagangan saham London-Shanghai akan positif untuk pasar ekuitas Cina dan Inggris, menurut komentar di halaman depan The Securities Times. Kekhawatiran yang berlebihan atas volatilitas keuangan mungkin tidak diperlukan seiring dengan China yang membuka pasar sahamnya, kata surat kabar itu.(sdm)

Sumber: Bloomberg