Saham China turun tajam dalam sepekan terkahir setelah indeks manufaktur sesuai perkiraan, mendorong kekhawatiran mengenai kekuatan pemulihan ekonomi.

Saham China Shenhua Energy Co turun 1,3% memimpin penurunan perusahaan batubara. Suning Commerce Group Co,perusahaan ritel elektronik terbesar China, turun 1,3% menyeret turun indeks perusahaan konsumen bergantung pada pertumbuhan ekonomi. Indeks PMI awal dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics berada di level 50,3 pada bulan Agustus.

Indeks Shanghai Composite tergelincir 0,% ke level 2,230.56 pada 10:01 pagi, sedangkan Indeks Hang Seng China Enterprises, atau Indeks H-share, turun sebanyak 0,6%. Sementara kekhawatiran mengenai kekuatan pemulihan ekonomi meningkat setelah data pekan lalu menunjukkan lemahnya pertumbuhan kredit sejak 2008 silam serta perlambatan tak terduga pada output industri.

Indeks Shanghai telah meningkat 13% dari level terendah di tahun ini terkait pelonggaran moneter, pengeluaran pemerintah yang lebih cepat dan spekulasi hubungan antara bursa di Hong Kong dan Shanghai akan memicu pemasukan. Data bulan lalu menunjukkan pertumbuhan dipercepat untuk pertama kalinya dalam tiga kuartal pada periode April-Juni.

Indeks CSI 300 turun 0,4%. Kemarin Indeks Bloomberg China-US Equity turun 0,3%. Volume perdagangan pada indeks Shanghai adalah 7,7% di atas rata-rata 30-hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg