Saham-saham China mengalami penurunan tajam dalam sepekan terakhir di tengah kekhawatiran bahwa penjualan saham baru akan mengalihkan dana dari ekuitas yang ada dan permintaan kendaraan diprediksi menurun setelah pemerintah mengatakan akan berhenti menyediakan kendaraan kepada pejabat yang baru.

Saham SAIC Motor Corp memimpin penurunan untuk produsen kendaraan turun sebesar 1,8 persen. Posisi kader dari partai komunis dan pejabat pemerintah yang berada di bawah wakil menteri akan diberikan tunjangan bulanan sebagai pengganti kendaraan milik pemerintah, menurut Xinhua News Agency. Saham Neusoft Corp turun 1,9 persen, mengirimkan Indeks saham teknologi mengalami penurunan tajam kedua di antara kelompok industri.

Indeks Shanghai Composite turun 0,5 persen ke level 2,057.37 pukul 10:11 pagi waktu setempat. Saham Shanghai Beite Technology Co, perusahaan pembuat suku cadang otomotif, akan memulai perdagangan di Shanghai besok, sedangkan 11 perusahaan lainnya akan mulai memasarkan saham mereka pada pekan depan. Dengan sisa 12 perusahaan lainnya yang kemungkinan akan membukukan dana berlangganan sebanyak 766.5 miliar yuan ($ 124 miliar), berdasarkan laporan dari Daily Securities.

Indeks CSI 300 turun 0,4 persen. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,1 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity kemarin naik sebesar 0,4 persen di New York.

Indeks Shanghai Composite telah turun 2,8 persen pada tahun ini, mengantarkan valuasi ke level 7,6 kali proyeksi laba dalam 12 bulan, dibandingkan dengan rata-rata kelipatan dalam lima tahun dari 11,4, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Volume perdagangan dalam indeks tersebut sebesar 52 persen di atas rata-rata 30-hari untuk hari ini. (knc)

Sumber : Bloomberg