Saham China turun tajam dalam sebulan terakhir, dipimpin oleh perusahaan keuangan dan energi, terkait spekulasi reli saham acuan dunia meningkatkan indeks RSI yang berlebihan untuk prospek laba.

Indeks Shanghai Composite turun sebesar 0,8 persen ke level 2,202.44 pukul 10:06 pagi, bersiap untuk turun ke level terendahnya sejak 9 Juli kemarin. Indeks Shanghai rebound sebesar 11 persen dari level terendahnya tahun ini, Indeks mengakhiri reli dalam beberapa hari terakhir dan turun sekitar 10 persen , menurut Tom DeMark, pengembang dari indikator market-timing.

Sementara itu RSI (relative-strength index) di Shanghai telah mencapai level 77,8 dan ditransaksikan sebesar 8,2 kali estimasi laba selama 12 bulan, dibandingkan dengan level terendahnya sebesar 7.27 pada bulanMaret lalu. Nilai pasar saham di China senilai $ 35 triliun telah mengungguli indeks ekuitas di 46 negara berkembang dan meningkat dalam enam pekan terakhir terkait tanda-tanda pelonggaran moneter, pengeluaran dana pemerintah dipercepat dan keuntungan di bidang manufaktur mendorong spekulasi pertumbuhan ekonomi China akan meningkat (vck).

Sumber: Bloomberg