Saham-saham China menguat, mengirim indeks acuan menujugain minggu keenam dan kemenangan beruntun terpanjang sejak Maret 2012.

Indeks Shanghai Composite naik 0,1 persen menjadi 2,232.42 pada pukul 09:51 pagi, memperpanjang keuntungan dalam minggu ini dari 0,3 persen. Laporan manufaktur yang lebih buruk dari perkiraan kemarin tidak akan mempengaruhireli saham kecuali data yang semakin memburuk, kata Xu Shengjun, analis dari Jianghai Securities. Indeks tersebut telah naik 12 persen sejak pertengahan Maret lalu terhadap pelonggaran moneter, pengeluaran pemerintah yang lebih cepat dan spekulasi hubungan antara bursa di Hong Kong dan Shanghai akan memicu arus masuk.

Indeks CSI 300 naik 0,3 persen. Indeks Hang Seng China Enterprises menguat 0,4 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity turun 0,8 persen. Volume perdagangan dalam indeks Shanghai adalah 2,4 persen di atas rata-rata 30-hari untuk hari ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Indeks Shanghai senilai 8,2 kali 12 bulan proyeksi laba, dibandingkan dengan 7,1 untuk indeks Hang Seng China.(frk)

Sumber: Bloomberg