Saham China naik ke level tertinggi 19-bulan, jelang rilis data manufaktur HSBC Holdings Plc dan Markit Economics besok. Perusahaan industri memimpin kenaikan.

Saham China Shipbuilding Industry Co, perusahaan peralatan kapal terbesar China, melonjak sebanyak 9,2% dan China CSSC Holdings Ltd naik sebanyak 4,3%. Laporan HSBC mungkin akan menunjukkan (PMI) purchasing managers index September adalah 50,5 bulan lalu, tidak berubah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Biro Statistik akan merilis indeks manufaktur resmi pada 1 Oktober.

Indeks Shanghai Composite naik 0,5% menjadi 2,359.82 pada 09:54 pagi, ditetapkan untuk penutupan tertinggi sejak Februari 2013. Indeks tersebut telah naik 12% tahun ini karena ekspektasi exchange link dengan Hong Kong yang akan memicu arus masuk dana. Indeks Hong Kong Hang Seng Index turun 1,4% ditengah tindakan keras polisi terhadap para demonstran sejak kota tersebut kembali ke pemerintahan China.

Indeks CSI 300 naik 0,6% ke level 2,450.78. Pasar saham China daratan akan ditutup dari 1 Oktober sampai 7 Oktober untuk Hari libur Nasional. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 1,2%. Indeks Bloomberg China-US Equity naik 0,7% di New York pada 26 September.(yds)

Sumber: Bloomberg