Indeks saham acuan China menuju minggu kelima keuntungan di tengah spekulasi pemerintah akan mengambil langkah lebih lanjut untuk mendukung perekonomian. Indeks saham berjangka stagnan.

Saham TCL Corp akan naik setelah pihaknya mengatakan laba bersih melonjak sebanyak 91% pada semester pertama tahun ini serta berencana untuk meningkatkan hingga 5,7 miliar yuan dalam private placement. Shanghai International Port (Group) Co dapat bergerak setelah pihaknya mengatakan berencana untuk menjual unit sahamnya.

Kontrak pada indeks CSI 300 berakhir pada bulan September, kontrak paling aktif, turun 0,1% ke level 2,338.40 pada 9:18 pagi. Indeks Shanghai Composite turun 0,7% ke level 2,206.47 kemarin. Indeks tersebuttelah naik 0,5% pekan ini, menuju gain terpanjang sejak Mei 2013.

Saham China naik pekan ini setelah data menunjukkan inflasi tetap terjaga bulan lalu, memberikan para otoritas ruang lingkup yang lebih untuk memudahkan kebijakan. Pertumbuhan kredit dan produksi industri juga telah mendorong spekulasi pemerintah akan mengambil langkah lebih lanjut untuk mendukung perekonomian. Barclays Plc memperkirakan pemangkasan tingkat suku bunga kedua, sementara Australia & New Zealand Banking Group Ltd mengatakan pengurangan persyaratan cadangan bank akan segera dilakukan

Indeks CSI 300 turun 1% ke level 2,335.95 kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 1,%. Indeks Bloomberg China-US Equity, Indeks saham perusahaan AS yang terdaftar paling banyak diperdagangkan China, turun 0,6% di New York.

Indekse Shanghai Composite senilai 8.1 kali 12 bulan untuk perkiraan laba, dibandingkan dengan level terendah dalam lima tahun seebsar 7,3 di Maret. Volume indeks perdagangan adalah 18% di atas 30-hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. (yds)

Sumber: Bloomberg