Saham China naik, pengupas kerugian indeks acuan untuk pekan ini terkait spekulasi pemerintah daerah akan melonggarkan pembatasan properti untuk mencegah perlambatan pertumbuhan ekonomi lebih lanjut.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,5 persen ke level 2,048.67 pukul 10:31 pagi waktu setempat. Sementara data terbaru seperti manufaktur menunjukkan ekonomi mulai stabil, ahli strategi dari Bank of America Corp dan BoCom International Holdings Co mengatakan penurunan harga properti terus menimbulkan risiko pertumbuhan.

Indeks CSI 300 naik sebesar 0,5 persen ke level 2,152,52. Indeks Hang Seng China Enterprises naik 0,2 persen. Indeks saham Bloomberg China-US melemah sebesar 0,3 persen kemarin.

Jinan membatalkan batas pembelian rumah sejak kemarin pasca mereka menerapkan selama lebih dari 3 tahun terakhir, Xinhua melaporkan pada microblog resminya, mengutip biro manajemen properti lokal. Hohhot bulan lalu melonggarkan pembatasan pembelian rumah, sedangkan China Times melaporkan pekan lalu kota Wuhan akan bertahan dengan aturan sebelumnya karena penduduk setempat pembeli rumah ketiga.

Indeks Shanghai telah turun sebesar 0,6 persen pekan ini, menuju kerugian pertama dalam lima hari dalam tiga pekan terakhir. Saham perusahaan teknologi terkoreksi pekan ini karena kekhawatiran rally sejak awal tahun lalu telah berlebihan mengingat prospek pertumbuhan laba. China mungkin akan merilis data pada pinjaman yuan baru dan pembiayaan agregat sedini hari ini. (izr)

Sumber: Bloomberg