Saham-saham menguat di China dan Hong Kong, dengan Indeks Shanghai Composite naik ke level 15 bulan tertingginya, seiring pertumbuhan di industri jasa China dipercepat dan risiko terhadap keuangan di Hong Kong mereda.

Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak sebesar 1,3 persen ke level 25,077.46 pada istirahat perdagangan siang. Indeks Shanghai Composite menguat 0,6 persen. Perusahaan keuangan memimpin kenaikan, dengan saham Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan saham China Life Insurance Co melonjak lebih dari 2 persen. Saham China Mobile Limited menguat sebesar 3,1 persen terkait China Daily mengatakan mulai mengambil preorders untuk saham iPhone 6 Media Apple Inc rally di Shanghai.

Pada sektor jasa mengalami rebound terkait optimisme pemerintah berhasil dalam pergeseran ekonomi dari ekspor dan investasi ke konsumsi domestik. Indeks non-manufaktur manajer pembelian naik ke level 54,4 pada bulan Agustus ini dari sebelumnya sebesar 54,2 pada bulan Juli lalu, sementara survei dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics level tertingginya sejak Maret 2013 lalu.

Volume perdagangan di Hong Kong dan Shanghai melonjak sebesar 49 persen di atas rata-rata 30-hari. Indeks Hang Seng China Enterprises, perusahaan China yang ditransaksikan di Hong Kong, atau saham H, melonjak sebesar 1,9 persen. Indeks CSI 300 menguat sebesar 0,7 persen. (knc)

Sumber : Bloomberg