Saham Cina yang terdaftar di Hong Kong turun karena saham produsen mobil China daratan memimpin penurunan dan saham pemberi pinjaman merosot.

Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, turun 0,5% menjadi 10,197.59 pada 9:39 pagi di Hong Kong, dengan lebih dari empat saham jatuh untuk setiap satu saham yang naik. Indeks Hang Seng flat pada level 22,873.71.

Indeks acuan Hang Seng turun 1,8% tahun ini sampai kemarin, penurunan tertajam kedua di antara pasar ekuitas berkembang yang ditelusuri oleh Bloomberg, di tengah spekulasi bahwa negara tersebut akan kehilangan target ekspansi ekonominya. Langkah itu senilai 10,6 kali estimasi laba pada penutupan lalu, dibandingkan dengan 16,5 kali untuk Indeks Standard & Poor 500.

Harga rumah China daratan di bulan mei turun sebanyak 15% penurunan dapat berlangsung sampai 12 bulan, ungkap Harry Lu, presiden IFM Investments, kemarin. Indeks Hang Seng turun tajam dalam tiga bulan untuk mengawali minggu ini di tengah kekhawatiran jatuhnya harga properti di China yang akan membebani pertumbuhan.

Kontrak pada indeks S & P 500 flat. Indeks turun 0,6% kemarin, menghapus kenaikan pasca laporan Wall Street Journal bahwa pesawat tempur Suriah menyerang target di Irak. Saham naik sebelumnya terkait laporan bahwa penjualan rumah baru AS meningkat pada bulan Mei yang tertinggi sejak 22 tahun terakhir dan setelah indeks kepercayaan konsumen mencapai level tertinggi nya sejak 2008 silam.(yds)

 

Sumber: Bloomberg