Perdagangan Saham China di Hong Kong melakukan reli terbesarnya dalam dalam dua pekan terakhir terkait sebuah laporan media melaporkan bank sentral menyediakan 500 miliar yuan ($ 81.4 miliar) untuk likuiditas lima pemberi kreditur terbesar di negara itu untuk meningkatkan perekonomian China.

Saham Industri & Commercial Bank of China Ltd dan Agricultural Bank of China Ltd naik sebesar 2 persen untuk memimpin gain di saham perusahaan keuangan, sementara saham PetroChina Co, produsen minyak terbesar di China, naik sebesar 3,3 persen. Bank Rakyat Cina kemarin mulai menyediakan 100 miliar yuan untuk setiap bank melalui fasilitas kredit dengan tenor tiga bulan, Sina.com melaporkan, mengutip analis perbankan Guotai Junan Securities Co Qiu Guanhua.

Indeks Hang Seng China Enterprises, atau H-Shares, menghentikan penurunan tajamnya dalam lima hari terakhir sejak Juni 2013 lalu, Indeks H-Shares hari ini naik sebesar 1,6 persen ke level 10,891.95 pukul 10:07 pagi waktu setempat. Goldman Sachs Group Inc memperkirakan bahwa injeksi kira-kira setara dengan setengah persentase point yang dipangkas cadangan rasio yang diperlukan oleh bank.

Ekspansi industri output China melemah sejak krisis keuangan global, moderasi investasi dan peningkatan penjualan ritel yang ditunjukkan pada data yang dirilis tanggal 13 September kemarin menggarisbawahi risiko melambatnya perekonomian di China. (vck)

Sumber: Bloomberg