Saham-saham China di Hong Kong jatuh, mengirim indeks acuan ke level 3 bulan terendahnya, jelang rilis data perdagangan pada September lalu.

Saham Agile Property Holdings Ltd catat merosot tajam setelah perusahaan mengatakan bahwa ketuanya telah “di bawah kontrol” dari Kunming jaksa sejak 30 September lalu. Saham Inner Mongolia Yili Industrial Group Co dan saham Kweichow Moutai Co memimpin produsen konsumen kebutuhan pokok mengalami penurunan perdagangan China.

Indeks Hang Seng China Enterprises turun sebesar 0,6 persen ke level 10,238.86 pada pukul 09:37 waktu China, bersiap untuk penutupan terendahnya sejak 25 Juni. Indeks tersebut turun sebesar 0,5 persen pekan lalu, memangkas penurunan pada pekan kelima. Indeks Shanghai Composite turun sebesar 0,5 persen ke level 2,361.91 hari ini, level terendahnya sejak 29 September. Indeks Dow Jones Industrial Average melemah sebesar 2,7 persen pekan lalu, yang merupakan level tertingginya sejak Agustus lalu, mengikuti kemerosotan sebesar 3,1 persen pada Indeks Standard & Poor 500, level terendahnya pada penurunan mingguan sejak Mei 2012 lalu.

Saham Eropa menyelesaikan penurunan mingguan terbesar sejak Mei 2012 di tengah kekhawatiran bank sentral di zona Euro yang akan menghadapi kendala dalam langkah-langkah untuk menghidupkan kembali perekonomian daerah. Indeks Emerging Markets MSCI turun sebesar 0,3 persen hari ini, memperpanjang penurunan setelah memasuki koreksi pada 10 Oktober kemarin. (knc)

Sumber : Bloomberg