Bursa saham China berfluktuasi. Saham-saham keuangan naik setelah rilis data yang menunjukkan aktivitas manufaktur naik ke level tertinggi enam bulan, sementara sektor konsumen dan perusahaan energy melemah.

Industrial & Commercial Bank of China Ltd, bank kreditur terbesar di Negara tersebut naik 0,6 persen setelah pemerintah meningkatkan kapasitas pinjaman uang dengan mengubah rumusan rasio loan-to-deposit. Dairy & Food Co dan Sinopec Shanghai Petrochemical Co memimpin penurunan saham konsumen dan energy.

Index Shanghai Composite menurun 0,2 persen menjadi 2,045.26 pada pukul 09:42 waktu setempat. Index itu naik 0,7 persen pada kuartalan terakhir, gain pertama sejak bulan September setelah pemerintah memangkas persyaratan rasio cadangan untuk beberapa bank dan memperkenalkan mini-stimulus termasuk pembelian infrastruktur untuk mencegah perlambatan property yang membahayakan sasaran pertumbuhan ekonomi dari Perdana Menteri Li Keqiang sebesar 7,5 persen tahun ini .

Index CSI 300 turun 0,2 persen. Index Bloomberg China-US Equity naik 0,2 persen kemarin. Index Manajer Pembelian (PMI) resmi China berada di 51,0, berdasarkan rilis dari Biro Statistik Nasional dan Federasi Logistik dan Pembelian China pagi ini di Beijing, sejalan dengan perkiraan rata-rata analis yang disurvei oleh Bloomberg News. (knc)

Sumber: Bloomberg