Indeks saham berjangka Eropa turun, menandakan ekuitas akan menurun untuk hari ketiga, terkait Presiden Barack Obama mengatakan ia akan mengijinkan AS melakukan serangan udara terhadap gerilyawan di Irak. Indeks saham berjangka dan saham Asia juga turun.

Kontrak berjangka pada indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan September turun sebesar 1 persen ke level 2.983 pukul 07:11 pagi di London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 Inggris turun sebesar 0,6 persen. Indeks berjangka Standard & Poor 500 turun sebesar 0,6 persen, sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 1,4 persen, penurunan terbesar sejak Mei lalu.

Indeks Stoxx Europe 600 turun ke level terendahnya sejak 15 April kemarin terkait Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa risiko geopolitik di negara-negara seperti Ukraina dapat merugikan perekonomian. Ekuitas acuan memperpanjang kerugiannya pada pekan pertama berturut-turut sejak Maret lalu. Indeks Indeks telah turun sebesar 6,5 persen pada 10 Juni kemarin, ketika mencapai level tertingginya sejak Januari 2008 silam.

Obama resmi melakukan serangan udara terhadap militan Sunni di Irak untuk melindungi personel AS dan suku Yezidis, terisolasi di bagian utara irak karena menjadi target oleh militan dan terdampar di gunung. Dia juga mengatakan pesawat militer Amerika menjatuhkan makanan dan air bagi mereka yang terdampar. (vck)

Sumber: Bloomberg