Indeks saham berjangka China naik pasca inflasi konsumen masih tetap di bawah sasaran pemerintah sejak bulan Juli lalu dan pada surat kabar yang berbasis di Beijing melaporkan Shenzhen melonggarkan pembatasan properti.

Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 berakhir pada bulan Agustus ini, kontrak yang paling aktif, naik sebesar 0,5 persen ke level 2,348.80 pukul 09:20 pagi waktu setempat. Saham China Merchants Property Development Co mungkin akan aktif pasca China Times melaporkan di Shenzhen, kota utama di China itu berencana untuk membuat peraturan sedikit untuk kebijakan properti dan pembatasan memo pada harga rumah di China.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,3 persen ke level 2,194.43 pada jumat kemarin naik sebesar 0,4 persen pekan lalu, pembatasan kenaikan mingguan keempat secara berturut-turut, di tengah tanda-tanda tindakan stimulus yang membantu pemerintah untuk mencapai target pertumbuhannya di tahun ini.

Harga konsumen naik sebesar 2,3 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Juli lalu, Biro Statistik Nasional mengatakan selama akhir pekan ini di Beijing, laju yang sama seperti pada bulan Juni lalu dan juga estimasi rata-rata dalam survei Bloomberg News terhadap para ekonom. Harga pabrik-gerbang turun sebesar 0,9 persen, menyamakan perkiraan dan memperluas penurunan tertajamnya sejak tahun 1999 silam.

Sementara Biro akan merilis data produksi industri pada bulan Juli, investasi dan penjualan ritel pada tanggal 13 Agustus produksi pabrik kemungkinan naik sebesar 9,2 persen dari tahun sebelumnya, sementara pertumbuhan penjualan ritel meningkat sebesar 12,5 persen dari 12,4 persen pada bulan sebelumnya, menurut rata-rata perkiraan survei Bloomberg.

Indeks CSI 300 naik sebesar 0,2 persen ke level 2,331.13 pada 8 Agustus kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises turun sebesar 0,4 persen. Indeks Bloomberg China-US Equity, Saham perusahaan AS yang terdaftar paling banyak ditransaksikan di China, naik sebesar 1,5 persen di New York.

Indeks Shanghai Composite ditransaksikan senilai 8.1 kali pada 12 bulan terakhir pada perkiraan pendapatan, dibandingkan dengan rata-rata pada lima tahun terakhir di angka 11,2, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Volume perdagangan di indeks satagnan dari RSI 30-hari pada hari jumat kemarin, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. (vck)

Sumber: Bloomberg