Saham Asia sedikit berubah, dengan indeks acuan perdagangan regional mendekati level tertinggi enam tahun, setelah data menunjukkan ekonomi AS menguat dan inflasi berjalan di bawah target Federal Reserve. Saham BHP Billiton Ltd. merosot.

 

Indeks MSCI Asia Pacific diperdagangkan di level 148,76 pada pukul 09:03 pagi di Tokyo. Saham BHP turun 4,5 persen di Sydney setelah mengumumkan alih usaha atau spin-off dan menahan diri dari pembelian kembali saham yang diharapkan oleh beberapa investor. Indeks saham Asia ditutup kemarin berjarak 1 persen dari tertinggi enam tahun akibat meredanya kekhawatiran atas konflik politik global. Data ekonomi Amerika menunjukkan tekanan inflasi tetap terbatas dan sektor perumahan mulai bergairah pasca The Fed mengamati laporan ekonomi dalam membantu mereka untuk mengukur waktu kenaikan tingkat suku bunga.

 

Indeks Topix Jepang naik 0,2 persen dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,5 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,4 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,4 persen.

 

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini dan indeks tersebut kemarin ditutup 0,3 persen untuk semua-waktu tertinggi. Nasdaq Composite naik 0,4 persen, kenaikan untuk hari kelima berturut-turut, menuju ke level penutupan tertinggi sejak tahun 2000. Saham Apple Inc. ditutup pada rekor tertinggi.(frk)

 

Sumber : Bloomberg